Rabu, 02 Maret 2016

Tiga Jalur Penerimaan Maba, Pendaftar di Untan Meningkat


JAKARTA - Selain Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, peningkatan jumlah pendafar dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 juga dialami oleh Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

Ilustrasi: ist.
Logo Untan
Rektor Untan Thamrin Usman mengungkap, salah satu penyebab peningkatan jumlah pendaftar dalam SNMPTN kali ini adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang lebih bervariasi. "Di tempat kami peminatnya tiap tahun makin meningkat. Apalagi sistem penerimaan mahasiswa baru ada tiga, yakni SNMPTN, Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan jalur mandiri," ungkap Thamrin ketika dihubungi Okezone melalui telepon, Rabu (13/2/2013).

Dia menyebut, di Untan minimal 50 persen daya tampung PTN diisi oleh mahasiswa baru melalui jalur undangan SNMPTN. Sementara 50 persen sisanya diisi melalui ujian tulis bersama atau SNBPTN sebesar 30 persen SNMPTN dan 20 persen ujian mandiri.

Meski demikian, Thamrin tidak menampik jika 20 persen mahasiswa yang harusnya diseleksi melalui jalur mandiri akan diambil melalui SNBPTN. "Dalam praktiknya, 20 persen terakhir itu dapat kami ambil dengan memanfaatkan SNBPTN. Jadi tetap menyaring anak-anak yang berkualitas namun tidak lolos dalam SNBPTN," paparnya.

Menurut Thamrin, sejumlah program studi (prodi) di Untan masih menjadi favorit para pendaftar dalam SNMPTN 2013. Untuk jurusan IPA, program favoit di Untan meliputi pendidikan dokter, farmasi, keperawatian, Teknologi Informasi, Arsitektur, dan Teknik Lingkungan.

"Untuk IPS, prodi Akuntansi yang menjadi favorit. Selain itu, yang tidak kalah banyak peminat adalah jurusan keguruan," tuturnya.
(rfa)

Sumber : news.okezone.com/

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut